website templates free download

Tes IQ di Jogja

Tempat Tes IQ di Jogja Dengan Biaya Terjangkau

Manfaat Tes IQ dan Tujuannya

Tes psikologi sesungguhnya ada bermacam-macam, dan juga menggunakan berbagai alat tes yang berbeda sesuai dengan tujuan dan kebutuhan tes. Namun dari banyak sekali ragam tes psikologi, Tes IQ menjadi varian psikotes yang paling sering diketahui oleh banyak orang. Tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan Tes IQ (Intelegence Question). Sangat bisa dipahami karena tes ini memang banyak dicari dan di digunakan oleh kebanyakan orang untuk beragam kebutuhan.

Manfaat Tes IQ bagi banyak pihak terutama tenaga pendidik dalam membantu menentukan metode belajar anak sesuai tingkat kecerdasan memang sangat berguna. Hal seperti ini yang mungkin kemudian menjadikan banyak orang tua semakin terbantu dalam mengarahkan juga memilihkan jenis serta metode pendidikan yang tepat pada anak mereka. Terlebih lagi biaya tes IQ Jogja begitu terjangkau bagi banyak orang, karena memang merupakan jenis tes IQ ini adalah yang paling murah dan sederhana dibandingkan psikotes yang lain.

Tes IQ sudah cukup lama bermanfaat untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang berada pada kategori cerdas, jenius atau di bawah rata-rata. Alfred Binet seorang psikolog dari Prancis menjadi pertamakalinya mengembangkan Tes IQ yang kemudian menjadi alat tes kecerdasan yang terbanyak digunakan di dunia. Laksita Educare adalah biro psikologi yang merupakan penyedia layanan serta tempat Tes IQ di Jogja dengan biaya cukup murah bagi semua kalangan untuk banyak kebutuhan. Untuk berbagai kebutuhan, ada beberapa alat tes IQ yang sering dipakai diantaranya yaitu CFIT, SFRIT, Binet, WAIS dan WISC. Beberapa alat tes tersebut merupakan sebagian dari begitu banyaknya alat tes psikologi yang digunakan sesuaikan kebutuhan.

Pengukuran kecerdasan atau IQ dengan tes psikologi memiliki bertujuan untuk mendapatkan skor yang merupakan sebuah cermin dari tingkat kecerdasan individu tersebut.

Dalam praktek penyajiannya terdapat beberapa metode pelaksanaan Tes IQ, diantaranya yaitu dengan beberapa pertanyaan tertulis, dan ada juga yang berbentuk pertanyaan gambar. Kecerdasan adalah istlah dalam menjelaskan kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir secara abstrak, paham gagasan, penggunaan bahasa, dan juga belajar. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerdas memiliki artian sempurna perkembangan akal budi seseorang manusia untuk berfikir, mengerti, tajam pikiran dan sempurna pertumbuhan tubuhnya. Kecerdasan memiliki kaitan yang dekat dengan kognitif dari seseorang. Dari penjelasan tadi dapat dikatakan bahwa Tes IQ merupakan alat psikometri untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang.

Manfaat Tes IQ secara terperinci antara lain :

  • Dapat untuk mengukur tingkat kecerdasan
  • Deteksi potensi yang bisa di maksimalkan
  • Mengetahui tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang dicapai (Jika dia IQ nya tinggi maka harusnya memiliki prestasi yang berbanding lurus)
  • Untuk mendeteksi masalah belajar yang disebabkan faktor kemampuan atau lainnya (semangat menurun dan sejenisnya)
  • Untuk mengetahui dasar pertimbangan dalam penentuan jenjang jauh atau dekat.

Tes IQ sesungguhnya bukan sebagai pembuktian akan kepintaran seseorang. Tapi bisa bermanfaat dalam melihat seberapa tinggi nilai angka seseorang pada salah satu aspek kemampuan yang diukur. Sejauh mana skor yang bisa dicapai pada salah satu kemampuan yang diukur tersebut, dapat untuk pembanding kualitas performa orang tersebut dalam melakukan aspek keterampilan lain yang tidak dapat diukur.

Kalau ada yang hasil tes IQ menunjukkan skor 105 maka itu menunjukkan bahwa tingkat kecerdasannya ada pada golongan rata-rata. Dan apabila berada pada skor di atas 125 maka dia ada pada golongan jenius. Begitu juga dengan skor di bawah 70 maka menunjukkan adanya gangguan kecerdasan.

Tingkatan Skor Tes IQ

Agar mudah dalam mengelompokkan, di bawah ini merupakan skor Tes IQ dalam kisaran angka 70 – 169 sesuai kategori berikut ini :

  • Skor IQ 140 – 169 : Very superior (sangat pandai)
  • SkorIQ 120 – 139 : Superior (cerdas)
  • SkorIQ 110 – 119 : High Average (rata-rata atas)
  • SkorIQ 90 – 109 : Average (rata-rata)
  • SkorIQ 80 – 89 : Low average (rata-rata bawah)
  • SkorIQ 70 – 79 : Borderline (keterlambatan belajar)

Seseorang dengan IQ tinggi tidak kemudian menjadikan orang tersebut tanpa mempunyai masalah. Ada banyak orang yang memiliki IQ tinggi malah mengalami masalah pada emosi serta hubungan sosialnya. Skor IQ seseorang juga akan selalu berubah seiring dengan bertambahnya usia, karena IQ yang dimiliki seseorang tidak selalu berkaitan dengan akademis, tapi lebih pada pengalaman hidupnya.

Tes IQ di Jogja Biaya dan Tempat

Dengan adanya Tes IQ maka dapat dimanfaatkan fungsinya sebagai dasar untuk membantu mengarahkan, membimbing juga menentukan metode dalam mendidik anak atau siswa sesuai kategori kecerdasan yang mereka miliki. Dalam penyajiannya tes IQ dapat diberikan dengan cara individu atau klasikal seperti yang umumnya dilakukan di sekolah dengan kerjasama dengan tempat Tes IQ di Jogja Laksita Educare. Dalam pendidikan tes IQ bermanfaat dalam membantu juga memantau perkembangan siswa dengan biaya yang terjangkau semua kalangan.

Kalau saat ini anda sedang membutuhkan tempat layanan Tes IQ di Jogja dengan biaya murah dan berkualitas, silahkan hubungi Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di nomor 08170434500

Hubungi Kami

Bagikan Tes IQ Jogja

© Copyright 2020 Psikolog Jogja - Laksita Educare